Ternyata, Ini Destinasi Favorit Wisatawan Saat ke Tana Toraja

03/04/2018, by admin, in Blog, 0 comments

Toraja adalah sebuah kabupaten di Sulawesi selatan yang kental dengan tradisi dan budaya yang sangat unik, bahkan wisatawan lokal dan mancanegara sangat mengagungi budaya toraja dan tidak tanggung tanggung untuk biaya yang harus di keluarkan untuk tradisingnya seperti acara kematian.

Tapi kali travel vlog aku di 2018 ini, untuk mengejak untuk melihat sisi lain toraja dengan keindahannya bukan budaya dan sejarah toraja dan ada beberapa lokasi wisata wajib kalian datangi kalau berada di kabupaten tana toraja dan toraja utara, 2 kabupaten ini potensi wisatanya sangat menarik di datangi.

LOLAI

Lolai adalah sebuah kampung kecil yang berada di ketinggian di kabupaten toraja utara yang berjarak sekitar 15km dari pusat kota rantepao, dan memiliki potensi wisata alam yang sangat mengajutkan untuk di nikmati matahari terbit (sunrise) yang menutupi awan untuk kota rantepao.

Lolai identik dengan negeri di atas awan, menurut semua wisatawan kalau berkunjung ke toraja tidak lengkap kalau belum ke negeri di atas awan.

Sekarang di kampung lolai sudah beberapa tempat dapat menitmati negeri di atas awan seperti Tongkonan Lempe,

Kampung Lolai, Toraja Utara berada di ketinggian 1300 Mdpl dan beberapa lokasi wisata sudah menyediakan area kamping, jadi kalian tidak bawah perlengkapan kamping aja sih. Walaupun di kampung lolai masih minim untuk penginapan dan hotel.

PATUNG YESUS, BUNTU BURAKE

Buntu burake yang berada di kabupaten tana toraja, memiliki wisata religi patung yesus yang di gadang-gadang memiliki ketinggian 1700 Mdpl dan menjadi patung yesus tertinggi di dunia yang sebelumnya memegang patung tertinggi yaitu brasil.

Potensi wisata religi patung yesus tertinggi ini sangat rekomendasi banget di kunjungi dan tidak jauh dari pusat kota makele, kabupaten tana toraja.

Untuk biaya masuk kartisnya kisaran harga 10ribu rupiah dan banyak banget spot kece buat suka foto-foto dan kalian juga bisa hunting souvenir khas toraja.

Berbicara penginapan atau hotel di toraja, ini ada 1 hotel rekomendasi banget buat kalian diantara jalan poros Makele – Rantepoa dan sudah dekat objek wisata seperti kete kesu dan londa yaitu Hotel Toraja Misiliana.

Bukan wisata dan budaya aja di kenal di toraja, tapi toraja juga penghasil kopi terbaik di dunia, siapa tidak kenal toraja adalah kopi terbaik arabika dan rabusta.

Aku sempat berkunjung ke salah satu kebun kopi terbesar perusahan jepang di toraja dan memiliki lahan sangat luas yaitu PT. toarco jaya. Kalian harus mengenal juga jenis-jenis kopi toraja yang sudah mendunia.

Aku sempat nongkrong di salah satu café di pusat kota rantepao yang potensinya sangat besar untuk mengetahui jenis-jenis kopi. Jadi bukan sekedar mencicipi dan merasakan aja kopinya di café the house bistro and galleria yang berada di jalan pontiku.

Ini nih kalian harus jangan di lewatkan sebelum balik ke rumah atau kampung halaman kalian, habis traveling ke toraja yaitu berburuh oleh-oleh khas toraja.

Toraja sendiri memiliki banyak banget kerajinan tangan wajib kalian bawah pulang buat oleh-oleh ke sahabat, kerabat, saudara dan keluarga. Seperti kain tenun toraja, tas selempang etnik tenu toraja, sepu, gantungan kunci, kalung, manit-manit, miniatur tongkonan, tau-tau alias boneka kayu dan masih banget banget lainnya.